Didalam kehidupan bermasyarakat banyak sekali hubungan yang terjalin, baik di dalam rumah, kantor, suatu daerah, bahkan sampai hubungan antar Negara. Terkadang kita memerlukan sesuatu di suatu daerah atau Negara tersebut baik itu untuk perjalanan wisata, bisnis maupun lainnya. Maka dari itu kita membutuhkan banyak informasi mengenai bidang kepariwisataan agar dapat mengerti dengan baik tujuan, manfaat serta keuntungan yang dapat diperoleh dalam bidang ini.
Kepariwisataan merupakan sebuah kegiatan usaha dalam melayani dan memenuhi kebutuhan atau keinginan seorang wisatawan yang akan memulai atau sedang dalam melakukan sebuah perjalanan. Sedangkan menurut UU No.9 Bab I pasal 1 tahun 1990 tentang kepariwisataan menyatakan bahwa: “Kepariwisataan adalah segala kegiatan dan urusan yang ada kaitannya dengan perencanaan, pengaturan, pelaksanaan dan pengawasan pariwisata baik yang dilakukan oleh pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat.” Kemudian menurut Oka A. Yoeti dalam bukunya “Pengantar Ilmu Pariwisata” yang menyatakan bahwa: “Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk sementara waktu yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan maksud bukan untuk berusaha (Business) atau mencari nafkah di tempat yang dikunjungi tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan tersebut guna bertamasya dan rekreasi atau memenuhi keinginan yang beraneka ragam.”
Melihat potensi pariwisata yang begitu memukau di Indonesia, sebagai badan usaha yang bergerak dalam bidang akademis, STIAMI mendirikan prodi pariwista dengan harapan mampu menciptakan generasi – generasi muda bangsa yang nantinya dapat mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada tersebut. STIAMI percaya bahwa tak lama lagi pariwisata akan menjadi program studi populer yang dapat membanggakan universitas maupun Indonesia
Kaprodi
Fajar Ayuningsih adalah praktisi kuliner dengan pengalaman selama belasan tahun sebagai jurnalis (Majalah Femina, Majalah Nirmala, Majalah Santap), food writer, dan kontributor di berbagai majalah terkemuka di tanah air. Telah menulis 70 lebih judul buku seputar resep masakan, resep diet dan kesehatan populer, serta wisata kuliner. Aktif berprofesi sebagai foodstylist atau penata saji untuk pemotretan iklan komersial berbagai produk makanan dan menu restoran. Setelah menyelesaikan pendidikan Magister Pariwisata dengan konsentrasi Kajian Kuliner Indonesia di STP Trisakti pada tahun 2015, mulai berkarier sebagai dosen pariwisata di beberapa Perguruan Tinggi di Jakarta. Selain itu, juga aktif terlibat dalam tim penyusunan database pengembangan destinasi wisata kuliner Indonesia di Kemenpar RI. Pada tahun 2016 bersama rekan sesama pemerhati kuliner mendirikan Akademi Kuliner Indonesia, yaitu komunitas yang berupaya mendokumentasikan kekayaan kuliner Indonesia dalam bentuk penulisan buku. Dalam bentuk buku.
Visi
“Menjadi Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata yang Unggul, Berdaya Saing dan Berakhlak Mulia Pada Tingkat Nasional Tahun 2019”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan bernuansa humanis guna menghasilkan lulusan yang bermoral dan beretika, memiliki sikap akademik dan profesional, keunggulan kompetitif, kemampuan kewirausahaan, kemampuan kepemimpinan yang memadai, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan beradaptasi
- Memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berahklak mulia, memiliki kompetensi dibidang hospitaliti dan pariwisata yang didukung oleh teknologi informasi, serta mampu bekerja secara profesional.
- Menyelenggarakan penelitian secara terprogram dan teratur dalam bidang ilmu pariwisata serta kontribusinya bagi pengembangan ekonomi masyarakat di tingkat nasional.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pariwisata sebagai bentuk kontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat.
- Menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri terutama dalam mengembangkan sumberdaya profesional secara berkelanjutan.
Konsentrasi Program Pariwisata
- Hotel and Resort Management
- Culinary Art Special Event (MICE)
- Event Management
Kompetensi Lulusan
- Kemampuan menyelesaikan masalah-masalah dalam pekerjaan (Problem solving)
- Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan (Communication)
- Kemampuan interpersonal (Interpersonal Skill)
- Kemampuan bekerja dalam lingkungan budaya yang berbeda (Work with Diversity), mandiri dalam kelompok dan tekanan tinggi (Work Independently, Work with Colleague, Work Under Pressure)
- Memiliki kesadaran dalam menerapkan etika dan tanggungjawab hukum dalam lingkungan kerja pariwisata,
- Mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip hubungan industrial dalam industri pariwisata
- Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan dan keamanan lingkungan kerja
- Mampu mengindentifikasi dan menghargai karier dalam bidang pariwisata
Prospek Kerja & Karir
- Pemerintahan
- Kantor Kedutaan
- Konsultan Bidang Pariwisata
- Profesional Promotor Even Manajemen
- Akademisi
- Resort & Hotel
- Pengelola Daya Tarik Wisata
- Kapal Pesiar (Cruise Ship)
- Perusahaan Penerbangan
- Industri Restoran & Katering