Asal Mula Kata Kampus


Kata Kampus di ambil dari bahasa latin yaitu Campus yang memiliki arti lapangan. Kemudian di terjemahkan menjadi daerah lingkungan bangunan utama perguruan tinggi (Universitas, Akademi), yakni tempat semua kegiatan belajar-mengajar dan administrasi berlangsung. Biasanya kampus meliputi ruang kuliah, perpustakaan, penginapan atau asrama bagi murid atau siswa dan ada tempat untuk dijadikan taman yang digunakan sebagai tempat berdiskusi atau bersosialisasi.

Kata Kampus pertama kali digunakan untuk menggambarkan sebuah perguruan tinggi (Universitas) di College Of New Jersey sekarang Princeton University pada abad ke-18. Pada abad ke-20 kata kampus dikembangkan menjadi makna sebuah Universitas atau perguruan tinggi. Namun definisi kampus juga ada yang menggunakan untuk mengistilahkan tempat bangunan baik milik lembaga tertentu, akademik maupun non akademik.

Sedangkan di Indonesia kata kampus biasanya digunakan untuk menyebut sebuah lembaga perguruan tinggi, Institut perguruan tinggi, Sekolah tinggi, atau Universitas. Kata Kampus juga telah diterapkan pada Universitas Eropa, meskipun lembaga tersebut sebagian besar ditandai dengan kepemilikan bangunan individu di daerah perkotaan daripada seperti taman rumput di mana bangunan ditempatkan.

 

Sumber: www.stiami.ac.id