Berbagi Kebaikan


Sebagai makhluk sosial, manusia tak bisa hidup sendirian. Meski segalanya ia miliki: harta benda yang berlimpah sehingga setiap apa yang ia mau dengan mudah dapat terpenuhi, tetapi jika ia hidup sendirian tanpa orang lain yang menemani tentu akan kesepian pula. Kebahagiaan pun mungkin tak pernah ia rasakan.

Tak hanya sebagai teman dalam kesendirian, tetapi juga partner dalam melakukan sesuatu. Entah itu aktivitas ekonomi, social, budaya, politik maupun amal perbuatan yang terkait dengan ibadah kepada Tuhan. Di sinilah tercipta hubungan untuk saling tolong menolong antara manusia satu dengan yang lainnya.

Dalam Al Qur’an Surat Al-Maidah:2 juga disebutkan: ”Hendaklah kamu tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan, dan janganlah saling membantu dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras dalam hukuman-Nya.”

Kebaikan sejatinya boleh diumpamakan sebuah bumerang, tanpa disadari “kebaikan” itu akan berbalik kepada kita dalam bentuk yang tak diduga, bisa kapan saja dan oleh siapa saja.

Seperti dalam video yang satu ini, “Kidness Boomerang” versi Indonesia. Dimana kebaikan yang kita peroleh dari orang lain, kita teruskan lagi kepada orang lain lagi.