Kuliah Umum Mahasiswa Institut Stiami Kampus D Ke Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok


Depok, 17 Desember 2025 - Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Administrasi di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami Kampus D mengadakan kegiatan kunjungan studi ke instansi pemerintah. Instansi yang dijadikan tempat pembelajaran mahasiswa kali ini adalah Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok sebagai bagian dari pendalaman sekaligus pemahaman materi pada mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Publik dan Kebijakan Publik yang bertemakan: “Reformasi Birokrasi dan Kebijakan Dalam Pelayanan Publik”.

Pada kunjungan ini dosen pengampu mata kuliah yang mendampingi mahasiswa, Ibu Yuli Astika, S. Sos, MA dan Ibu Indah Wahyu Maesarini, S. IP, M. Si disambut langsung oleh Lurah Abadijaya, Bapak Shodik Murdiono, S. Pd, MM di ruang kerja beliau di lantai 1. Pada kesempatan ini, Ibu Yuli Astika, S. Sos, MA selaku perwakilan dosen mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan beliau untuk menerima rombongan dalam kuliah lapangan ini sementara Ibu Indah Wahyu Maesarini, S. IP, M. Si selaku perwakilan dosen mata kuliah yang berbeda dalam rombongan ini menjelaskan maksud dan tujuan dari diadakannya kegiatan hari ini sebagai bagian dari rangkaian dalam pengayaan pada materi pembelajaran yang sudah diberikan saat perkuliahan dan berharap dengan kehadiran langsung di Kelurahan Abadijaya untuk berdiskusi langsung dengan lurah mengenai pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pihak kelurahan selama ini akan banyak memberikan pencerahan bagi para mahasiswa.

Bapak Shodik Murdiono, S. Pd, MM selaku pemateri utama pada kuliah umum ini menjelaskan bahwa reformasi birokrasi saat ini berfokus pada peningkatan pelayanan publik dengan melakukan perubahan pada aturan yang ada, perubahan budaya kerja serta penggunaan teknologi untuk percepatan pelayanan publiknya melalui tata kelola yang bersih dan akuntabel, cepat dan efisien, profesional dan berorientasi kepada masyarakat. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa stigma birokrasi yang berbelit-belit, lambat dan rawan korupsi harus segera melakukan transformasi menjadi birokrasi yang dapat memberikan pelayanan yang prima, transparan, dan bertanggung-jawab. Ada 7 (tujuh) area yang menjadi perhatian utama dalam reformasi birokrasi, yaitu: kelembagaan melalui struktur organisasi yang efektif, ketatalaksanaan dengan prosedur kerja yang lebih sederhana, sumber daya aparatur yang kompeten dan berintegritas, penegakan regulasi dan harmonisasinya, pelayanan publik yang berfokus pada kepuasan masyarakat serta merubah pola pikir dan budaya untuk melayani (bukan dilayani). Reformasi birokrasi yang dijalankan oleh Kabinet Merah Putih saat ini mengarah kepada: reformasi birokrasi dengan membangun fondasi sistem birokrasi yang kokoh, mendukung agenda prioritas negara, transformasi digital yang berkesinambungan, serta layanan dengan pusat utama manusia. Praktek baik reformasi birokrasi yang dijalankan oleh Kelurahan Abadijaya saat ini dapat terlihat dari adanya ketepatan, kelancaran dan keakuratan dalam layanan publik yang dikelolanya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi berupa tanya-jawab yang sangat antusias disampaikan oleh adik-adik mahasiswa/i sementer 1 dan 3 yang hadir pada kunjungan ini, hal ini membuktikan bahwa keterlibatan secara aktif mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran di lapangan telah berhasil dilakukan dengan. Diakhir sesi sebelum ditutup Ibu Yuli Astika, S. Sos, MA selaku dosen pengampu mata kuliah “Pengantar Ilmu Administrasi Publik” menyerahkan sertifikat kepada Lurah Abadijaya yang telah memberikan materinya dilanjutkan dengan pemberian buku karya dosen yang diberikan langsung oleh Ibu Indah Wahyu Maesarini, S. IP, M. Si selaku penulis dalam buku karya beliau yang terbaru bertajuk “Pelayanan Publik”. Dipenghujung pertemuan rombongan mahasiswa dan dosen berkesempatan emas untuk dapat berfoto bersama dengan Lurah Abadijaya.

Kontak Media:

Humas Institut STIAMI

Email: [email protected]

Telepon : 0851-2104-2427