Mengoptimalkan PSIAP Seminar Nasional Institut STIAMI Mendukung Efisiensi Perpajakan


Jakarta, 23 Juli 2024, Himpunan Mahasiswa Jurusan Publik (HMJ Publik) Institut STIAMI menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Transformasi Digital Perpajakan : Mengoptimalkan Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP) untuk Kepatuhan Pajak yang Efektif” pada hari selasa, 23 Juli 2024 di Auditorium Institut STIAMI Pusat.

Dalam era transformasi digital yang terus berkembang, pemerintah menghadapi tantangan untuk memodernisasi sistem administrasi perpajakan guna meningkatkan efisiensi dan kepatuhan pajak. Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP) menjadi krusial dalam upaya ini, karena memungkinkan integrasi data yang lebih baik, peningkatan layanan kepada wajib pajak, serta peningkatan pengawasan terhadap pemenuhan kewajiban pajak. Seminar nasional ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyatukan pemikiran dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk otoritas pajak, akademisi, dan praktisi perpajakan, guna mendiskusikan strategi optimal dalam mengadopsi teknologi untuk memastikan kepatuhan pajak yang efektif di era digital ini.

Seminar ini berlangsung secara hybrid melalui Zoom dan di Auditorium Institut STIAMI Pusat. Seminar ini dihadiri oleh 100 peserta dan 25 tamu  yang berasal dari beberapa universitas dan masyarakat umum.  Acara seminar ini disponsori oleh DDTC dan beberapa media partner, yaitu Extage Power, Event Detect, Kabar Events, Ikut Event, dan Lemapka.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Rektor Institut STIAMI, yaitu Ibu Dr. Euis Komalawati, S.Sos., MS.Si yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Institut STIAMI, yaitu Ibu Dr. Diana Prihadini, S.Sos., M.Si kemudian dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Institut STIAMI, yaitu Ibu Dwi Agustina, S.IP., M.PA serta Keynote Speech Direktur P2 Humas Direktorat Jenderal Pajak oleh Ibu Dwi Astuti, S.H., M.Ec. yang diwakilkan oleh Bapak Ir. Yudha Wijaya, M.Ec selaku Fungsional Penyuluh Pajak Ahli Madya Direktorat Jenderal Pajak.

Setelah itu memasuki acara inti dengan 3 narasumber yang akan membahas lebih lanjut terkait tema dari seminar ini. Pertama dari Bapak Mohammed Lintang Theodikta, S.E., M.S.E. (Penyuluh Pajak Ahli Muda - Direktorat  P2 Humas, Kantor Pusat Ditjen Pajak). Beliau membahas terkait perubahan proses bisnis untuk wajib pajak. Kedua dari Bapak Denny Vissaro, SE, MSE, MA, ADIT, BKP (Manager of DDTC Fiscal Research & Advisory). Beliau membahas terkait transformasi digital untuk optimalisasi kepatuhan wajib pajak. Dan ketiga dari Bapak Dr. Prianto Budi Saptono, Ak., CA., MBA (Dosen Perpajakan, Universitas Indonesia). Beliau membahas terkait konsep pengawasan kepatuhan pajak berbasis teknologi. Adapun moderator pada seminar nasional ini yaitu, Ibu Mainita Hidayati, S.Sos., M.A selaku Dosen Perpajakan Institut STIAMI.

Kemudian sesi selanjutnya merupakan sesi diskusi, di mana dalam sesi ini peserta dipersilahkan untuk bertanya langsung sekaligus berdiskusi dengan ketiga narasumber pada seminar ini.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan plakat kepada narasumber sebagai bentuk penghargaan panitia kepada para narasumber yang telah berkontribusi dalam berbagi pengetahuan serta pengalaman dalam acara seminar ini. Dilanjut pemberian buku oleh DDTC yang berjudul “DDTC Indonesian Tax Manual 2023”.

Sebagai sesi penutup diumumkan 3 penanya terbaik, sebagai bentuk apresiasi panitia kepada peserta sekaligus foto bersama.

 

Editor : HMJP