Seminar Nasional Hut Simak Ke 6 Hadirkan Wakil Ketua Dpr Ri


Jakarta – Spesialisi Mahasiswa Anti Korupsi (SIMAK) adalah salah satu organisasi mahasiswa Institut STIAMI yang aktif sampai saat ini menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam rangka menjadi agent of change untuk membangun kepribadian yang anti korupsi. Salah satu ormawa yang sering menginisiasikan acara – acara terkait Anti Korupsi secara Nasional maupun Internasional.

Tepat di hari Minggu, 29 Januari 2017 SIMAK telah memasuki usia yang ke 6 tahun,  kali ini SIMAK mengadakan 3 rangkaian acara dalam satu hari yang bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia bertempat di Kampus Pusat Institut STIAMI Jakarta di Jl. Pangkalan Asem No. 55 Jakarta Pusat. Dimulai di pagi hari yaitu acara “AYO MAIN” yang mengundang 75 anak – anak usia 5 – 8 tahun dari 17 RT warga sekitar kampus. Acara ini terdiri dari 6 kelas yang didalamnya ada beberapa permainan yang diselenggarakan dari LO KPK diantaranya story telling (dongeng), penyidik cilik yaitu bermain puzzle hingga mendapatkan hadiah utama dan msih banyak lagi permainan yang tujuannya adalah membangun character building sejak dini agar tidak curang. Kemudian dilanjutkan dengan acara Training Of Trainer (TOT) untuk 65 mahasiswa anggota SIMAK angkatan baru 2016 dengan trainer Mas Agung dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK RI.

Acara puncak dimulai ba’da dzuhur yaitu SEMINAR NASIONAL dengan tema "Lika-Liku Pemberantasan Korupsi: Dulu Hingga Kini". Acara yang dihadiri 380an peserta yang terdiri dari mahasiswa dari Institut STIAMI dan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Jabodetabek. Hadir sebagai keynote speaker dalam acara itu yaitu Wakil Ketua DPR RI Dr. Ir. Agus Hermanto, MM. Beliau menyampaikan tentang cerita Pemberantasan Korupsi dari zaman awal berdirinya negeri ini hingga sampai saat ini. Beiau juga mengapresiasikan kepada mahasiswa yang mau terlibat dalam upaya pencegahan korupsi termasuk SIMAK dari Institut STIAMI Jakarta. Direktur Program Pascasarjana Institut STIAMI Dr. Taufan Maulamin, SE.AK, MM mewakili lembaga menyampaikan sambutannya dengan memberikan apresiasi terhadap SIMAK dan KPK yang serius membangun karakter untuk mencegah budaya korupsi, dan dalam ajaran Islam pun perbuatan tersebut termasuk perbuatan yang terkutuk. Hadir pula Wakil Rektor II Dr. Hartono, SE, MM, Direktur PT. Mandala Nasional T.S. Reza, SE, MM dan Corporate Secretary Dedy Kusna Utama, S.Sos. MA. Tidak lupa sambutan dari pendiri SIMAK Sdr. Ariawan, S.AP yang juga alumni Institut STIAMI. Dan pemotongan tumpeng dilakukan oleh Sdr Ariawan, S.AP dan diberikan kepada Tokoh dan Pimpinan Manajemen Institut SIAMI.

Masuk kedalam agenda SEMINAR NASIONAL sebagai narasumber yaitu Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Mabes Polri KOMBESPOL Cahyono Wibowo yang dimoderatori oleh T.S. Reza, SE, MM. Kombespol Cahyono menjelaskan tugas tindak pidana korupsi, dari mulai penindakan, penyelidikan dan penuntutan. Selain itu beliau juga menjelaskan komitmen POLRI soal kejujuran serta program POLRI yang bersih dan berintegritas. Juga membahas tentang penegakan hokum di Indonesia. Acara sangat berlangsung lancar, meriah dan berkualitas. SELAMAT ULANG TAHUN KE 6 UNTUK SIMAK. Semoga selalu menjadi kebanggan Institusi dan Almamater. (Rizky/Irfan7oy)