Bank Indonesia Resmikan Bi Corner Di Institut Stiami Dan Dilanjutkan Bedah Buku The Power Of Gcg


Bank Indonesia memiliki salah satu program Corporate Social Responsibilty (CSR) yang biasa disebut Program Sosial  Bank Indonesia (PSBI) dengan tagline Dedikasi Untuk Negeri. Dan salah satu program yang dikembangkan ialah Program Indonesia Cerdas dengan memilih beberapa perguruan tinggi yang sesuai kriteria untuk dibangun BI Corner yaitu salah satu fasilitas membaca di perpustakaan di perguruan tinggi. Institut STIAMI termasuk yang beruntung menjadi salah satu perguruan tinggi yang mendapat fasilitas dari BI ini. Dan pada hari Rabu, 15 Maret 2017 Institut STIAMI mengadakan acara Peresmian  BI Corner dan dilanjutkan dengan acara Bedah Buku dengan judul “The Power of Good Corporate Governance” karangan penulis Muh. Arief Effendi, SE, M.Si, Ak, QIA, CPMA, CA.

Dr. Ir. Panji Hendrarso, MM selaku Rektor Institut STIAMI memberikan sambutan pertama. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pentingnya perpustakaan bagi Institut STIAMI sebagai pusat media pembelajaran, beliau juga menyampaikan data laporan transaksi buku untuk perpustakaan Institut STIAMI serta berharap dengan dibangunnya BI Corner ini dapat merealisasikan kecerdasan kehidupan bangsa, sesuai dengan yang tertera pada UUD 45. Dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Bank Indonesia Bpk. R. Agus Trianto selaku Manager Divisi PSBI dan Hubungan Stakeholders Departemen Komunikasi Bank Indonesia, beliau menyampaikan Program Indonesia Cerdas sudah membangun 256 BI Corner sampai saat ini dengan tujuan agar BI dapat hadir lebih dekat dengan masyarakat dan dapat membantu mewujudkan cita – cita perguruan tinggi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Terakhir beliau mengatakan bahwa BI Corner sangat pantas untuk berada di Institut STIAMI dilihat dari beberapa aspek yang memenuhi syarat salah satunnya dari data laporan peminjaman buku mahasiswanya, harapannya agar kerjasama dengan Institut STIAMI dan tujuan bisa terlaksana dengan apa yang diharapkan.

Selanjutnya acara Prosesi Peresmian BI Corner, Rektor beserta Wakil Rektor dan Pimpinan BI diarahkan  menuju  Perpustakaan Institut STIAMI untuk membuka tirai peresmian serta penyerahan Cinderamata dari Institut STIAMI ke Pimpinan BI. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengisi acara dengan membawakan Tarian Tradisional Betawi sebelum acara Bedah Buku dimulai. 

Acara bedah buku dimulai dengan moderator Dr. Mary Ismowati, Dra., M.Si beliau adalah Kaprodi S-2 Magister Administrasi. Beliau mempersilahkan 3 Narasumber yaitu Bpk. Muh. Arief Effendi, SE, M.Si, Ak, QIA, CPMA, CA selaku Penulis Buku yang akan dibedah, beliau diberikan kesempatan pertama  untuk  menjelaskan sedikit informasi tentang buku “The Power of  Good Coorporate Governance”, selain sebagai penulis buku beliau juga mendapat Juara 1 Top Blog Awards Indonesia pada tahun 2015.

Selanjutnya pemaparan materi hasil bedah buku tersebut yang dikupas oleh Dr. Pandoyo, SE, MM, beliau adalah Dosen Institut STIAMI. Beliau memberikan beberapa catatan dan masukan tentang buku ini. Intinya buku ini sangat bagus dan bisa dijadikan panduan dalam perkulihan di Institut STIAMI khususnya Fakultas Ilmu Administrasi. Selain itu, buku tersebut banyak memberikan manfaat sebagai referensi bagi audit internal maupun eksternal serta masukannya agar ada kajian strategi dan analisanya. Dr. Ir. A.H. Rahadian, M.Si selaku Kepala LPPM Institut STIAMI menambahkan beberapa hal yaitu untuk selanjutnya penulis harus mensertakan evaluasi, jadi bukan hanya terori dan implementasi. Beliau juga memberikan masukan ke para Ketua Prodi yang juga hadir sebagai peserta bedah buku ini untuk membuat Good Coorporate Governance ini menjadi salah satu mata kuliah di Program Studi S-1 Ilmu Administrasi Publik/Negara. Secara keseluruhan buku ini sangat direkomendasikan untuk Mahasiswa dan para Dosen khususnya di Institut STIAMI. (Irfan7oy/Selvi)