Forkmap Gelar Diskusi Publik Menyoal Pendidikan Indonesia


Jakarta, Forum Komunikasi Mahasiswa Dan Pelajar (FORKMAP) STIA Mandala Indonesia, mengadakan diskusi publik yang mengangkat tema menakar kualitas pendidikan indonesia.

Kegiatan kuliah akbar tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut hari lahir Forkmap. Menurut ketua Forkmap Melalui Wakilnya Muhammad Adib mengatakan bahwa kegiatan diskusi publik dengan tema besar pendidikan dengan topik bahasan terkait konstitusi dan problematika pendidikan. Hal ini untuk mengingatkan kembali bahwa pendidikan merupakan amanat konstitusi.

Sementara itu hadir sebagai pembicara Ketua STIAMI Prof. Dr. Ir. Wahyuddin Latunrengn MM, Retno Listyarti Sekjen FSGI, Darmaningtyas dari pengamat pendidikan.

Menurut ketua STIAMI Prof. Wahyuddin bahwa pendidikan di indonesia perlu peran aktif semua pihak, dan perlu banyak penelitian dan harus banyak membaca terutama membaca jurnal. " Jurnal itu adalah pengetahuan terkini, dan informasi terkini sehingga perlu banyak untuk membaca " ujarnya

Sekjen SFGI Retno Listyarti yang juga sebagai pembicara lebih menitik beratkan kepada Ujian Nasional dan indeks baca buku anak indonesia. Menurut aktivis pendidikan ini menilai bahwa Ujian Nasional tidak layak untuk dilakukan lantaran ada perbedaan pola mengajar dan perbedaan kualitas pendidik dan fasilitas yang ada di setiap sekolah berbeda dan terkesan hanya mengejar proyek.

Disisilain ia juga menyayangkan  banyaknya anak indonesia yang tidak gemar untuk membaca buku. Ia memaparkan menurut survei indonesia masuk dalam 0 buku' atau hanya membaca 27 halaman dalam 360 hari. " Minat baca anak indonesia sangat kurang sehingga masuk dalam 0 buku dan ini sangat di sayangkan" pungkasnya.

Sementara itu pengamat pendidikan Darmaningtyas mengkritisi mahalnya biaya pendidikan yang setiap tahunya mengalami peningkatan, dan akses masyarakat miskin semakin sulit. " Beban masyarakat kian meningkat lantaran mahalnya biaya pendidikan sementara pendiddikan merupakan amanat konstitusi yang harus dijalankan oleh pemerintah" ujarnya.

Kegiatan diskusi dalam rangkaian harla forkmap  dilaksanakan dilantai 4 kampus stiami pada kamis,22 mei 2014 ini dihadiri oleh pelajar dan mahasiswa. (Humas/One)