Indra Prasta The Rain Jadi Pembicara Workshop Improve Your Career Untuk Mahasiswa


Jakarta – STIAMINEWS – Dunia kerja saat ini banyak melirik tenaga fresh graduate asal SMA/K dan juga yang berstatus masih mahasiswa. Sehingga setelah lulus dari perguruan tinggi sudah memiliki pengalaman bekerja minimal 1 tahun. Karena melihat peluang dan potensi dari para fresh graduate ini yang lebih enerjik, mudah menerima hal – hal yang baru dan masih semangat dalam mencari pengetahuan dan pelatihan. Banyak perusahaan atau instansi yang memanfaatkan untuk merekrut pekerja yang berjiwa muda bukan hanya dari etos kerjanya yang masih tinggi namun standar upah yang masih sesuai standar. Tapi saat ini juga masih banyak permasalahan dari kedua sisi yaitu sisi para fresh graduate yang masih sulit untuk mencari lowongan pekerjaan ditambah persiapan melamar yang masih kurang kreatifitas. Dan di sisi perusahaan atau instansi juga masih sulit untuk mencari para calon pekerja yang tidak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, kalaupun ada butuh cost yang tinggi untuk merekrutnya.

Melihat beberapa permasalahan tersebut Institut STIAMI melalui Bagian Penempatan Kerja dan Hubungan Alumni yang dikepalai oleh Bpk. Lun Zamroni, S.Sos, bekerjasama dengan salah satu layanan penyedia informasi karir atau lowongan kerja Karirpad.com. mengadakan workshop “Improve Your Career” yang berbasis online untuk mahasiswa Institut STIAMI pada hari Jum’at, 17 Maret 2017 di Aula Kampus Pusat.

Acara yang dihadiri sekitar 60-an mahasiswa dari seluruh Kampus Institut STIAMI dibuka dengan sambutan dari Rektor Institut STIAMI Dr. Ir. Panji Hendrarso, MM. Beliau menyampaikan sangat mengapresiasi diadakannya workshop karir ini. Beliau berharap workshop ini bisa menjadi solusi dari permasalahan dunia kerja saat ini. Pak Rektor pun tidak lupa berterima kasih kepada Karirpad.com sebagai partner dalam acara workshop karir ini.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr. M. Agus Cholik, SE, MM selaku Wakil Rektor III. Pak Agus sapaan akrabnya memberikan pencerahan tentang situasi dunia kerja yang sudah masuk era milenia, dimana para pegawai yang memiliki jabatan strategis sudah banyak yang diisi oleh para anak muda yang memiliki kompetensi dan etos kerja yang lebih kreatif dan inovatif. Beliau juga menjelaskan bahwa salah satu keunggulan kuliah di Institut STIAMI yaitu kompetensi yang dibangun untuk mahasiswa lebih kepada mahasiswa yang siap bekerja bahkan saat lulus sudah memiliki pengalaman bekerja karena adanya program magang di semester V atau VII. Institut STIAMI juga berkomitmen membantu mahasiswa untuk bisa dibantu untuk dikembangkan karirnya dengan salah satunya melalui beberapa workshop dan kerjasama dengan banyak perusahaan dan instansi melalui Bagian Penempatan Kerja dan Hubungan Alumni.

Setelah sambutan dari Wakil Rektor III acara inti yaitu materi dari mitra workshop kali ini yaitu Karirpad.com dimana Indra Prasta yang lebih dikenal dengan seorang musisi vokalis band “The Rain” adalah Country Manager dari Karirpad.com, Indra memberikan informasi dan beberapa tips dan trik dalam menyiapkan, mencari sampai proses interview sebelum masuk kerja. Indra juga menjelaskan perbedaan Karirpad.com dengan penyedia informasi lowongan kerja lainnya. Jika sebagian besar layanan sejenis lebih berorientasi pada pencari kerja, Karirpad justru melirik perusahaan sebagai mitra potensialnya.

"Job portal lain biasanya hanya menyelesaikan satu masalah. Kami, di sisi lain, ingin meringankan pekerjaan HRD," kata Indra Prasta, Country Manajer Karirpad . Menurut dia Karirpad tak hanya menyediakan tempat untuk memasang dan mencari informasi pencari kerja, tetapi juga menciptakan sebuah program komputer yang bisa digunakan oleh departemen HRD dalam sebuah perusahaan untuk memproses rekrutmen pegawai. Program ini, jelas Indra, akan berfungsi sebagai e-recruitmen system, yang menyelesaikan sebagian tugas departemen HRD dalam proses seleksi dan penerimaan pegawai baru. Melalui peranti lunak itu Karirpad akan membantu departemen HRD menayangkan informasi lowongan kerja, menyeleksi surat lamaran, mewawancarai, menggelar ujian, hingga pemberian surat tawaran kerja. Tak hanya itu, Karirpad juga mempunyai tim yang khusus mengelola akun media sosial yang khusus dibuat untuk mempromosikan informasi lowongan kerja di perusahaan tersebut. Salah satu keunggulan lain Karirpad adalah data-data pencari kerja yang mendaftar dan memasukkan lamaran akan dimiliki oleh perusahaan, bukan menjadi milik Karirpad.

Peserta yang dalam workshop ini sudah membawa/menyiapkan laptop langsung melakukan login di karirpad.com atau bisa masuk ke dalam website www.stiami.ac.id dan pilih menu banner Student Career dan mahasiswa maupun alumni bisa mendapatkan informasi lowongan karir setiap saat dan juga bisa mnejadikan profil/CV online untuk perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Karirpad.com. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini dan acara berlangsung sukses. (Irfan7oy/Selvi)