KAMPUS CIKARANG ADAKAN SEMINAR CHARACTER BUILDING UNTUK SISWA KELAS XII SMK ISLAM AL AMIN


Cikarang – STIAMINEWS – Setelah menghadapi Ujian Nasional, para siswa kelas XII SMK Islam Al-Amin, Cikarang Kab Bekasi mengikuti seminar pembekalan untuk memasuki dunia kerja dan kuliah dengan tema Character Building pada hari Rabu, 12 April 2017. Character Building merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional yang diatur dalam pasal 1 UU Sisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Pendidikan ini merupakan salah satu hal yang penting bagi pendidikan suatu bangsa, karena dengan mempunyai karakter, bangsa dapat berkompetisi di tingkat global.

Sebelum masuk ke materi inti, Tim Marketing Institut STIAMI Kampus Bekasi B (Cikarang). Menjelaskan informasi keunggulan, program studi apa saja, informasi beasiswa untuk calon mahasiswa baru dan cara pendaftaran kuliah di Institut STIAMI.

Seminar yang diikuti oleh 116 sisiwa ini dihadiri oleh Eko Ramaditya Adikara sebagai pembicara yang khas dengan kostum Star Wars. Menurutnya, pendidikan karakter anak harus dimulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga, kemudian sekolah dan tempat bermain. Apa yang diperoleh anak dalam kegiatan sehari-harinya bisa diperbaiki ketika di rumah. Orang tua dalam hal ini harus mendidik anaknya agar memiliki karakter sendiri. Pendidikan karakter tidak harus masuk dalam kurikulum pendidikan. Ini hanyalah proses dari perbaikan sistem nilai dan akhlak di Indonesia. Output dari pendidikan karakter adalah membentuk manusia-manusia berkualitas dan berkarakter yang siap bersaing tanpa terbawa arus yang berlebihan. Indonesia dituntut memiliki kualitas sumber daya manusia tentunya membutuhkan karakter yang baik, bagaimanapun juga karakter adalah kunci keberhasilan individu. 

Banyak manfaat yang didapat siswa ketika mengikuti seminar ini, dengan bekal dari pembicara siswa jadi lebih percaya diri untuk menghadapi dunia kerja ke depannya terlebih jika mereka menempuh perkuliahan terlebih dahulu agar  sumber daya manusia lebih berkualitas dan tidak tertinggal dalam persaingan kerja di tingkat global. Kualitas sumber daya manusia yang berkualitas harus diimbangi oleh norma-norma yang ada dalam diri indvidu tersebut agar terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas dengan karakter yang baik.

Peserta sangat antusias dalam sesi tanya jawab. Acara ditutup dengan foto bersama dan seminar ini berjalan lancar dan sukses. (Selvi/Aldi)