Kampus Kota Tangerang Sukses Adakan Seminar Wakasek Dan Guru Bk


Tangerang – Masih dalam rangka memeriahkan HUT Institut STIAMI ke 34, Kampus Kota Tangerang menyelenggarakan acara Seminar Wakil Kepala Sekolah dan Guru BK SMA/K/MA se-Kota Tangerang dengan tema “Membangun Komunikasi Efektif Dengan Siswa/Remaja Kekinian”, bertempat di Hotel Narita Rabu 1 Februari 2017 dihadiri oleh 80-an Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) khususnya bidang kesiswaan dan Guru Bimbingan Konseling (BK). Acara yang juga dihadiri oleh H. Sarman, SH. selaku perwakilan dari Polsek Ciledug, beliau juga memberikan sambutan tentang fenomena kenakalan remaja saat ini termasuk dari kalangan siswa SMA/K/Sederajat, beliau juga mengapresiasi Institut STIAMI khususnya Kampus Kota Tangerang yang menyelenggarakan seminar ini karena Wakasek Bid. Kesiswaan dan juga Guru BK adalah yang menjadi tempat curhat setiap masalah anak tersebut.

Koordinator SMK Wakasek Bid. Kesiswaan Wilayah Tangerang Timur Bpk. Dwi Hendri Prayitno, S.Pd, M.Pd juga memberikan sambutan dalam acara ini. Beliau sangat mendukung diadakannya seminar berskala Kota Tangerang dengan harapan banyak ilmu yang dapat diambil dan dijadikan masukan dalam berkomunikasi terhadap siswa.

Narasumber dalam acara ini menghadirkan Wakil Rektor III yang juga Dosen Institut STIAMI Dr. M. Agus Cholik, SE, MM dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Manajemen yang juga Dosen Ilmu Komunikasi di Institut STIAMI Dr. Euis Komalawati, M.Si. Kepala Kampus Kota Tangerang Bpk. Suparman, S.Sos, MA ikut andil dalam sesi ini sebagai moderator.

Dalam materinya Dr. M. Agus Cholik, SE, MM menyampaikan latar belakang diadakannya seminar ini yaitu Institut STIAMI yang sudah bertahun – tahun bekerjasama dengan SMA/K/MA se-Jadetabek banyak siswa yang langsung berkomunikasi dengan pihak kami sudah berbeda generasi gaya bahasa penyampaian anak masa kini. Untuk itulah kami ingin membantu memberikan beberapa tips dalam ilmu komunikasi bagaimana menghadapai siswa atau remaja kekinian. Selain itu beliau juga menyampaikan beberapa perkembangan Institut STIAMI yang sebelumnya sekolah tinggi dan saat ini sudah berubah menjadi Institut dengan tambahan 4 program studi baru yaitu Sarjana Terapan (D-4) Akuntansi Bisnis, S-1 Hospitality dan Pariwisata, S-1 Manajemen Logistik dan S-1 Manajemen Komunikasi. Beliau juga menyampaikan beberapa bulan yang lalu Institut STIAMI pernah berkunjung ke Walikota Tangerang yang langsung diterima langsung oleh Bpk. H. Arief Rachadiono Wismansyah, dalam kunjungan itu Bpk. Walikota sangat mendukung Program Studi Manajemen Logistik menjadi salah satu penyumbang SDM berkualitas di Kota Tangerang kedepan.

Dilanjutkan dengan materi inti yaitu pemaparan ilmu komunikasi dalam membangun komunikasi efektif kepada siswa dan remaja kekinian yang disampaikan oleh Dr. Euis Komalawati, M.Si, dalam penyampaiannya beliau banyak memberikan contoh tentang gaya berkomunikasi dan cara merespon yang baik agar tetap bisa melihat sisi psikologi anak tersebut. Sekolah sebagai rumah kedua harus bisa menciptakan kenyamanan dalam komunikasi anak agar bisa menjadi tempat pencarian jati diri siswa itu sendiri dibantu melalui Wakasek dan Guru BK. Dalam sesi itu juga dibuka sesi tanya jawab yang ternyata banyak dari peserta yang mengajukan pertanyaan berkisar tentang cara menghadapi beberapa karakter siswa yang berbeda – beda.

Acara ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama dan acara Seminar ini berjalan lancar sukses dengan dukungan pemkot dan polsek setempat. (Irfan7oy/Sofwan)