Ketua Dpr Ri Hadiri Hut Simak Ke Iii


Jakarta, Spesialisasi Mahasiswa Anti Korupsi (SIMAK) STIA Mandala Indonesia (STIAMI) mengdakan kuliah akbar dan terbuka. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Lahir SIMAK STIAMI yang ke III yang jatuh pada Tanggal 29 Januari 2014. Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 4 kampus pusat STIAMI ini mengangkat tema “ Bersama Mewujudkan Indonesia Bebas Dari Korupsi”.

Kuliah akbar yang menghadirkan beberapa tokoh nasional sebagai narasumber, hadir pula Ketua DPR RI Marzuki Alie sebagai keynote Speech pada kuliah akbar kali ini. Marzuki Alie yang dalam sambutannya mengatakan bahwa pencegahan tindak pidana korupsi lebih diutamakan ketimbang hanya melakukan pemberantasan,ia mengatakan bahwa dengan hanya melakukan penangkapan tidak akan menghabiskan koruptor, maka perlu memaksimalkan pencegahan.

Selain Marzuki Alie hadir pula Komjenpol (p) Nanan Sukarna wakapolri 2010-2013 sebagai pembicara, Mas Agung dari Fungsional Komisi pemberantsan Korupsi (KPK) dan dari Komisi Hukum DPR RI Ruhut Poltak Sitompul. Sementara dari pihak kampus hadir wakil ketua I Dr. Hasym A Abdullah dan beberapa dosen serta kabag.

Kuliah Akbar kali tidak hanya mahasiswa STIAMI sebagai peserta tapi juga dari beberapa Mahasiswa dan pelajar yang ada di Jakarta bahkan hadir pula mahasiswa dari UPN Veteran Jogjakarta.

Dalam sesi Materi dan Diskusi yang dipandu langsung oleh Pendiri SIMAK Ariawan, beberapa narasumber baik dari POLRI,KPK, dan DPR berpendapat bahwa pencegahan lebih di Nomer satukan dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi.

Menurut Ketua Perbankin Komjen Nanan Sukarna yang juga mantan orang Nomer dua di kepolisian ini menuturkan bahwa perlu adanya kerja sama yang maksimal dan berkesinambungan baik dengan KPK, Polri, Kejaksaan maupun dengan dewan perwakilan rakyat.

Sementara itu Ketua Umum SIMAK, Rizal Kurniawan, mengatakan bahwa saat ini SIMAK sudah banyak melakukan kegiatan edukasi baik langsung mengajak masyarakat untuk perangi korupsi melalui media sosial, media massa, maupun pendidikan anti korupsi di sekolah-sekolah dan beberapa kampus,”katanya.

Sedangkan, Ketua Panitia SIMAK, Ajeng Pradayutwana, menyebutkan, bahwa kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan sejak hari anti korupsi internasional yang pada waktu kegiatan dilaksanakan di GBK bekerjasama dengn TII dan kemudian  ikut andil dalam pekan anti korupsi di senayan yang dilaksanakan oleh KPK dan terakhir adalah kuliah Umum pada hari ini,”paparnya.(One/CSC/Humas/Beritapublik.com)

beberapa link media yang memuat berita SIMAK :

http://korantransaksi.com/trans-hukum/mahasiswa-berperan-wujudkan-indonesia-bebas-korupsi/

http://www.rimanews.com/read/20140129/139516/mahasiswa-memiliki-peran-dalam-mewujudkan-indonesia-bebas-dari-korupsi

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=8&jd=Penyelamatan+Uang+Korupsi+dan+Suap+Mencapai+Rp+1.196+Triliun&dn=20140130162527

http://issuu.com/korantransaksi/docs/koran_transaksi_edisi_285

http://www.fokusindonesia.com/kategori/berita-2703-%E2%80%9Cbersama-mewujudkan-indonesia-bebas-dari-korupsi%E2%80%9D.html

http://beritapublik.com/read/nasional/simak-mengajak-masyarakat-perangi-korupsi/