Ktk Institut Stiami Kunjungi Pt. Sinar Sosro Dan Pabrik Air Mineral Prim-A


Jakarta – STIAMINEWS – Menindaklanjuti kerjasama dalam HUT Koperasi dengan  Perluasan Bisnis Koperasi Melalui Kemitraan bersama PT. Sinar Sosro. Institut STIAMI bersama Anggota Koperasi Tenaga Kependidikan (KTK) dan beberapa perwakilan mahasiswa dan juga hadir putra putri Kampus Bekasi mengikuti Company Visit  PT. Sinar Sosro dan Air Mineral Prim-a  pada hari Kamis, 20 Juli 2017. PT. Sinar Sosro adalah perusahaan teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. PT. Sinar Sosro resmi  didaftarkan pada tanggal 17 Juli 1974 oleh Bapak Soegiharto Sosrodjojo, yang berlokasi di Jalan Raya Sultan Agung KM. 28 kelurahan Medan Satria Bekasi. Artinya sudah lebih dari 40 tahun perusahaan ini berdiri dan  tentunya sistem yang ada di perusahaan sangat begitu baik Saat ini, produk-produk yang diproduksi oleh PT. Sinar Sosro adalah, Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, S-Tee, Tebs, Country Choice dan Air Mineral  Prim-A.

Kedatangan Institut STIAMI sangat disambut dengan ramah dari PT. Sinar Sosro yang diwakilkan langsung oleh Bpk. Tinongadi sebagai General Manager HRD sekaligus menjadi narasumber. Dalam kunjungan tersebut peserta diperkenalkan mengenai Profil Perusahaan serta penyampaian materi mengenai Human Resource Management. Sebelum memberikan materi Bpk. Tinongadi menyampaikan mengenai kunci kesuksesan yang terdiri dari  keimanan, keluarga, kesehatan, karir dan keuangan dengan 5 tahap  life cycle, tahap pengenalan, tahap pengembangan, tahap kedewasaan, tahap penurunan dan tahap kebangkrutan.

Terdapat 5 Kelompok SDM di perusahaan :

1.      High Player (sering disebut juga A+ Player), Tiap A

2.      Competent ( A Player)

3.      Perfomer ( B Player)

4.      Potential ( C Player)

5.      Problem Employee (C- Player)

Materi yang disampaikan sangat menarik perhatian peserta hingga banyak pertanyaan yang disampaikan yang intinya menghubungkan penerapan sistem pemasaran dan SDM di PT Sinar Sosro untuk diterapkan di Institut STIAMI. Dilanjutkan dengan pemberian cendramata dari Institut STIAMI yang diwakilkan oleh Bpk. Dedi Kusna Utama, S.Sos, MA

Setelah mendapat materi, peserta diajak untuk mengunjungi pabrik untul melihat proses pembuatan Teh  botol Sosro yang hanya menggunakan bahan baku asli dan alami.  Terlihat ampas tehnya yang membuktikan keaslian yang daun tehnya dipetik dari perkebunan sendiri kemudian diolah menjadi teh wangi yaitu teh hijau yang dicampur bunga melati dan bunga gambir Sehingga menghasilkan rasa yang unik, ke-khas-annya selalu terjaga dan terjamin kualitasnya tanpa pengawet sedikitpun.

Tidak jauh berbeda dengan visit sebelumnya, Pihak Air Mineral Prima-a juga menyambut dengan hangat para peserta, sebelum mengunjungi pabrik peserta diberikan materi mengenai pengenalan air mineral yang berkualitas dan bagaimana proses produksinya.  Di dalam pabriknya terlihat Air Mineral  Prim-A diproduksi dengan  berbagai kemasan yaitu :

1.       Kemasan cup, volume 240 ml
2.       Kemasan botol, volume 330, 600, 1500 ml
3.       Kemasan gallon, volume 19 Liter

(Selvi)