Mahasiswa Institut STIAMI Lolos Proposal Bisnis Mahasiswa Tingkat Nasional Pada Program Wirausaha Muda Pemula Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Tahun 2022


STIAMI NEWS- Senin, 21 November 2022 Kegiatan Apresiasi Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional merupakan Program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang diharapkan dapat memacu motivasi dan semangat kalangan pemuda untuk terus meningkatkan produktivitasnya melalui kegiatan kewirausahaan.

Kegiatan ini direncanakan dapat dilaksanakan setiap tahun untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi yang telah bekerja keras merintis kegiatan kewirausahaan serta menciptakan lingkungan wirausaha, sehingga mampu menggerakkan pemuda lainnya dalam memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan komunitas sekitarnya.

Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban untuk memberikan apresiasi berupa penghargaan kepemudaan atas berbagai upaya yang telah dilakukan dalam memajukan potensi pemuda baik yang dilakukan oleh pemuda itu sendiri, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, lembaga pemerintah, badan usaha, kelompok masyarakat atau perorangan.

Penghargaan kepemudaan ini merupakan pengakuan atas eksistensi dan peran serta berbagai pihak yang telah turut serta dan berpartisipasi dalam pembangunan kepemudaan, khususnya dalam pengembangan kewirausahaan.

Wirausaha Muda Pemula (WMP) Berprestasi merupakan sosok pemuda yang memiliki motivasi untuk Berprestasi melalui kewirausahaan, memiliki jiwa kepemimpinan, inisiatif, keuletan, kegigihan, kreatif dan inovatif, bekerja keras, berpandangan luas dan memiliki visi kedepan, berani mengambil risiko yang diperhitungkan, serta tanggap terhadap saran dan kritik yang dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki diri.

Sedangkan Penggerak Wirausaha Muda Pemula (WMP) Berprestasi merupakan sosok pembina wirausaha, yang memiliki dedikasi untuk memacu gerakan pengembangan kewirausahaan pemuda. Penggerak Wirausaha Muda Pemula Berprestasi bisa berbentuk sebuah lembaga yang berkiprah pada pengembangan kewirausahaan, bisa juga perorangan yang memiliki prestasi luar biasa dalam mendampingi dan mementoring wirausaha dikalangan pemuda.

Beberapa Tahapan dalam Kegiatan ini yaitu:

1.   Sosialisai terkait Teknis Pelaksanaan Pemilihan WMP Berprestasi

2.   Pendaftaran Calon Peserta melalui situs Kementerian Pemuda dan Olahraga

3.   Penilaian Administrasi oleh Tim Seleksi

4.   Survei dan Verifikasi oleh Tim Penilai

5.   Wawancara Dewan Juri

6.   Penetapan dan Pengumuman

7.   Pemberian dan Penyerahan Penghargaan

Institut STIAMI menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ikut berpartisipasi dan berhasil meloloskan 4 Mahasiswa dalam kegiatan ini.

Sivitas akademika Institut STIAMI mengucapkan Selamat & Sukses kepada 4 Mahasiswa Institut STIAMI atas Lolosnya Proposal Bisnis Mahasiswa Tingkat Nasional pada Program Wirausaha Muda Pemula (WMP) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Tahun 2022 yang dibimbing langsung oleh Dosen Kewirausahaan Institut STIAMI Bapak Yoka Mai Patria, S.AP., MA dan Bapak Deni Malik, S.AB., MA.

Berikut adalah rincian nama-nama Mahasiswa Institut STIAMI yang Lolos:

1.   Hana Fatimatuzzahrah (CB201110315) I Nama Produk: De’Coklat

      S1 Administrasi Bisnis – Kampus F Tangerang Kota

2.   Khoirul Amri (CG201110093) I Nama Produk: Mie Ayam & Bakso BUMN

      S1 Manajemen Komunikasi – Kampus A Kota Bekasi

3.   Agus Irawan (CA191121608) I Nama Produk: Kedai Lumpia Asyiik

      S1 Administrasi Publik – Kampus E Pondok Cabe

4.   Ananda (CA191110286) I Nama Produk: Lalutte.id

      S1 Administrasi Publik – Kampus Pusat Institut STIAMI

Untuk nama-nama Mahasiswa diatas, semoga semakin semangat & termotivasi dalam menjalankan usahanya, juga menjadi inspirasi pemuda lainnya khususnya untuk Mahasiswa/i Institut STIAMI yang lainnya untuk dapat berkiprah dalam pengembangan kewirausahaan.