Mahasiswa Institut Stiami Studi Lapangan Ke Kpu Bea Dan Cukai Tipe A Tanjung Priok


Jakarta – STIAMINEWS – Salah satu kegiatan akademik Institut STIAMI bukan hanya di dalam kelas ataupun di kampus, tapi mahasiswa bisa belajar melalui Studi Lapangan atau Company Visit ke beberapa Instansi Mitra Institut STIAMI salah satunya pada hari Selasa, 16 Mei 2017 Institut STIAMI mengadakan Studi Lapangan ke KPU  Bea & Cukai Tipe A Tanjung Priok bersama 150  mahasiswa yang mayoritasnya mahasiswa semester VI dari Kampus Pusat Institut STIAMI dan Institut STIAMI Bekasi yang memang mendapat mata kuliah Kepabean dan Cukai. Mahasiswa juga didampingi oleh beberapa dosen tetap Pajak Institut STIAMI dan perwakilan dari manajemen Institut STIAMI.

Kedatangan Institut STIAMI disambut dengan baik dengan adanya Band performance dari tim Bea Cukai sebagai pembuka acara, sebelum acara dimulai MC membacakan safety prosedur kantor KPU Bea & Cukai Tipe A Tanjung Priok dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri. Seperti biasanya terdapat beberapa sambutan yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bpk. Amin T.S yang mengucapkan terimakasih atas kunjungan Institut STIAMI beliau mewakili Kepala KPU Bea & Cukai. Beliau juga menjelaskan secara garis besar mengenai 4 fungsi pelayanan di kantor Bea & Cukai dan berharap semoga mahasiswa banyak mendapatkan manfaat dari kunjungan tersebut yang nanti akan menjadi bekal untuk menghadapi dunia kerja atau mungkin nantinya ada yang berminat untuk menjadi pegawai bea & cukai. Sambutan dari Institut STIAMI disampaikan oleh Ibu Febriana Arimbi selaku dosen tetap Perpajakan Institut STIAMI mengucapkan terima kasih kepada KPU Bea & Cukai Tipe A Tanjung Priok yang telah menerima kunjungan dengan baik dan menjadi tuan rumah dalam acara ini nantinya juga akan direpotkan dengan adanya pemberian materi dan juga kunjungan sampai ke dermaga, selain ucapan terimakasih beliau juga memperkenalkan secara umum tentang Institut STIAMI serta menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ke kantor Bea & Cukai agar mahasiswa mendapat ilmu pengetahuan serta pengalaman terkait dengan proses kepabeanan yang hal ini sangat membantu dosen dan mahasiswa untuk melihat realitas pengerjaan rutin yang dilakukan pegawai kantor Bea & Cukai Tanjung Priok. Setelah kata sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian cendramata dari Institut STIAMI ke Kantor KPU Bea & Cukai Tipe A Tanjung Priok.

Presentasi mengenai Studi Lapangan disampaikan oleh  Bpk. Rendy Satya selaku pegawai Kantor Bea & Cukai dalam presentasinya Beliau menyampaikan mengenai 3 institusi (customs, immigration dan Quarantine), Visi dan Misi Kantor KPU Bea & Cukai Tipe A Tanjung Priok, Target dan Realisasi Penerimaan KPU Bea & Cukai Tipe A Tanjung Priok,  APBN 2017, Filosofi Pelayanan serta yang paling penting yaitu mengenai tahapan Importasi. Materi yang disampaikan sangat menarik sehingga membuat mahasiswa banyak memberikan pertanyaan. Dan terakhir setelah mendapatkan materi mahasiswa melakukan kunjungan lapangan sampai ke dermaga untuk melihat proses importisasi. (Selvi)