Mahasiswa Stiami Kunjungi Kpp Menteng Dua


Jakarta | STIAMI News –  Guna lebih mengenalkan pajak kepada para mahasiswa dalam sisi pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah, Tax Center STIAMI bekerjasama dengan P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Pusat (03/12) menyelenggarakan kunjungan ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama) Jakarta Menteng Dua yang diikuti oleh 50 Mahasiswa STIAMI baik dari Program Diploma maupun dari Program Sarjana. Kunjungan Mahasiswa STIAMI dalam kegiatan yang bertajuk Campus Goes to Tax Office ini, diterima langsung oleh Pudi Riana, S.Sos, M.B.T, Kepala Kantor KPP Pratama Jakarta Menteng Dua beserta jajarannya di aula kantor lantai 5  yang beralamat di Jalan  M.I. Ridwan Rais No.5A-7 Jakarta Pusat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ani Natalia, SE, MBA (Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Pusat), Dedy Kusna Utama, S.Sos, MA, (Wakil Ketua Tax Center STIAMI),  Imam Susanto, SE, M.Ak (Ketua Program Studi DIII Perpajakan), Rangga Dalu Aji, S.Sos (Sekretaris Program Studi S1 Administrasi Negara) dan Widya Dien Novita, SE (Sekretaris Program Studi DIII Administrasi Bisnis).  “Kami menyambut dengan senang hati kedatangan Mahasiswa STIAMI ke KPP Jakarta Menteng Dua dan akan menyampaikan penjelasan struktur organisasi KPP yang terkait tugas dan fungsinya masing-masing” Kata Pudi Riana dalam sambutannya pada saat pembukaan acara. Mewakili STIAMI, Rangga Dalu Aji menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada P2 Humas DJP Jakarta Pusat dan KPP Pratama Jakarta Menteng Dua atas terselenggaranya kegiatan kunjungan mahasiswa ke KPP yang merupakan bagian dari program kerja prodi untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman aplikasi dari teori yang diperoleh mahasiswa dalam hal pelayanan perpajakan. Ani Natalia dalam kesempatan ini juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan kunjungan ini dengan sebaik-baiknya guna peningkatan kapasitas diri para mahasiswa.

Dalam kunjungan ini, para mahasiswa dibagi dalam 5 kelompok dengan nama kelompoknya disesuaikan dengan istilah-istilah dalam perpajakan di antaranya nama kelompoknya adalah kelompok NPWP, kelompok WP dan Kelompok PKP. Setiap kelompok disediakan 1 petugas pendamping dari KPP tersebut untuk mendatangi ruangan-ruangan yang terdiri dari ruangan umum,  ruangan kelompok jabatan fungsional, ruangan pengolahan data dan informasi, ruangan pelayanan, ruangan penagihan, ruangan pemeriksaan, ruangan pengawasan dan konsultasi serta ruangan ekstensifikasi perpajakan.

Berdasarkan pengamatan, terlihat mahasiswa sangat antusias menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada petugas yang menerima mereka di setiap ruangan, begitupun sebaliknya petugas dengan sabar dan ramah memberikan penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan mahasiswa tersebut. Bahkan tidak terasa, sesi kunjungan ke masing-masing ruangan melebihi kuota waktu yang telah direncanakan.  

Pada sesi penutupan kegiatan, mahasiswa memberikan kesan-kesan dalam mengikuti kunjungan ini. Ternyata mahasiswa sangat senang melakukan kunjungan ini karena bisa secara langsung melihat dan menanyakan proses pelayanan yang dilakukan di KPP Jakarta Menteng Dua serta berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali di waktu mendatang. (Humas/CS)