Mgbk Jakarta Pusat Dan Utara Adakan Pelatihan Pop Di Institut Stiami


Jakarta – STIAMINEWS – Selasa, 18 April 2017 Institut STIAMI mendukung acara Pelatihan yang diadakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) dengan menyediakan fasilitas untuk pelatihan yang bertemakan Panduan Operasional Pelaksanaan (POP) yang dihadiri oleh 89 Guru BK dari Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru yang tergabung dalam wadah kegiatan tersebut bisa saling bertukar informasi tentang pembelajaran. Dengan semakin banyaknya informasi pembelajaran yang diperoleh, maka akan semakin meningkat pula mutu proses pembelajaran. Pembelajaran meningkat, bila mutu guru meningkat.

Acara diawali dengan menyanyikan Mars MGBK dan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Dr. Marzuki M.Si selaku Ketua MGBK Jakarta Utara 1, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapakan terima kasih kepada Institut STIAMI yang sudah memberikan support sehingga terselenggaranya kegiatan ini dan juga mengingatkan peserta untuk mencatat hal-hal penting mengenai materi yang disampaikan sehingga bisa langsung mengambil manfaat dalam pelatihan. Sebelum menyampaikan materi POP Panitia memperkenalkan 5 guru BK yang sebelumnya sudah mengikuti sosialisasi POP dan men-share bahwa POP sudah bisa didownload via internet, dilanjutkan penyampaian materi dengan penjelasan tujuan adanya program yaitu guru BK dapat memahami perencanaan program BK dalam tahap persiapan dan tahap perencanaan. Dijelaskan juga mengenai penyusunan program kerja yang dirumuskan dalam bentuk matriks berdasarkan komponen program dan identifikasi data yang dibutuhkan dalam penyusunan program layanan serta memberikan contoh dari hasil penyusunan program yang sebelumnya sudah dibuat. Setelah penyampaian materi peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Memanfaatkan kesempatan ini tidak lupa Dr. Ir. Panji Hendrarso, MM selaku Rektor Institut STIAMI menyampakaian sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan panitia MGBK yang mau bekerjasama dan datang dalam pelatihan MGBK ini. Beliau memperkenalkan secara garis besar mengenai Institut STIAMI mulai dari perubahan Sekolah Tinggi menjadi Institut dan memperkenalkan kampus cabang Institut STIAMI dan berharap guru-guru BK dapat terus berinovasi untuk menciptakan siswa yang berkualitas.

Sambutan selanjutnya dari Wakil Rektor III yaitu Dr. M. Agus Cholik, SE, MM yang menyampaikan tentang program - program Institut STIAMI, sebelum menyampaikan program beliau sangat apresiasi terhadap MGBK karena sudah mempercayakan Institut STIAMI sebagai mitra untuk melakukan pelatihan. Salah satu program yang dijelaskan yaitu mengenai Student VIP Card yang didapat oleh siswa nantinya oleh rekomendasi guru BK dan juga 5 konsentrasi yang menjadi pusat perhatian oleh Institut STIAMI yaitu jangan memilih siswa yang mau melanjutkan pendidikan ke luar negeri, siswa yang mengikuti PTN minded, PTS favorit, siswa yang belum mau kuliah karena beberapa faktor dan terakhir karena ingin bekerja terlebih dahulu. Peserta sangat antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti biaya, persyaratan, program studi hingga akreditasipun tidak luput ditanyakan. Setelah sesi tanya jawab pelatihan diakhiri dengan makan siang bersama dengan manajemen Institut STIAMI. (Selvi)

?