PROF. WAHYUDDIN HADIRI RAKERDA PIMPINAN PTS KOPERTIS III


Jakarta, Rapat Kerja Daerah Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk lingkungan koordinator perguruan tinggi swasta (Kopertis) wilayah III, berlangsung di Ruang Birawa Hotel Bidakara Jakarta Selatan pada kamis,12/12. Kegiatan yang melibatkan 360 pimpinan perguruan tinggi swasta se-DKI ini diawali dengan laporan  oleh Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA yang merupakan koordinator Kopertis Wilayah III.

Rakerda Pimpinan PTS ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ketua BPPTSI, Ketua APTISI dan ketua Yayasan PTS Unggulan. Hadir sebagai narasumber dalam Rakerda ialah Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof. Dr. Djoko Santoso yang diwakili leg Dir. Kelembagaan Dikti, Prof. Dr. Agus Subekti sebagai Dir. Ditlitabmas Ditjen Dikti Kemendikbud, dan Dir. Tenaga Pendidikan dan kependidikan Ditjen Dikti Kemendikbud.

Pada Rakerda kali ini mengangkat topik munuju perguruan tinggi unggul dengan bertemakan akselerasi penjamin mutu akademik, pulikasi, pengembangan SDM, dan penguatan kelembagaan. Sementara bahasan yang dimunculkan ialah terkait dengan kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, terutama dalam pengembangan dosen, penelitian, publikasi karya ilmiah, dan pengutan tata kelola PTS.

Selain itu hasil yang diharapkan menurut Koordinator Kopertis III Prof. Ilza ialah agar dapat meningkatkan partisipasi pimpinan PTS dalam berbagai praktik baik dan memberikan masukan untuk menjadi bahan penyusunan kegiatan kopertis III pada tahun 2014 mendatang.

Dalam laporannya koordinator Kopertis III mengatakan dalam monitoring dan evaluasi kopertis III saat ini telah jauh lebih baik dibanding sebelumnya dimana jumlah PTS yang tidak taat asas di wilayah III hanya 8 PTS, dan PTS penerima beasiswa mencapai 30 PTS baik beasiswa bidikmisi maupun beasiswa PPM. Sementara itu ia juga menyebutkan bahwa saat ini PTS yang memiliki prodi yang terakreditasi A hanya 8,59%, Akreditasi B 40,21%, dan Akreditasi C 31,12% dan Akreditasi C Anugrah 12,30%.

Sementara itu Ketua STIAMI Prof. Dr. Ir. Wahyuddin Latunreng, MM yang juga hadir dalam rakerda Pimpinan PTS ini berharap dapat menghasilkan sesuatu yang dapat menjadi referensi dan masukan kepada seluruh PTS yang ada di Jakarta. Selain itu hal ini juga akan menjadi bahan untuk program STIAMI kedepan, terutama pada 2014. (CSC/Humas/One)