Program Pascasarjana Adakan Bedah Buku Public Administration Dari David H. Rosenbloom


Jakarta – STIAMINEWS – Salah satu kegiatan Ilmiah yang rutin diadakan Institut STIAMI ialah bedah buku yang diadakan oleh program studi dan difasilitasi dari bagian perpustakaan. Buku yang dibedah dilihat dari kesesuaian isi materi dengan program studi yang dipelajari di kampus tersebut. Salah satu bedah buku yang dilakukan baru – baru ini adalah Bedah Buku ‘Public Administration’ dari David H. Rosenbloom yang diadakan oleh Program Pascasarjana S-2 Institut STIAMI di Kampus Suprapto pada Kamis, 18 Mei 2017.

Acara yang dibuka oleh Kaprodi Magister Administrasi Publik Dr. Mary Ismowati, M.Si yang dilanjutkan oleh Sambutan oleh Dr. Taufan Maulamin, SE.Akt, MM. Beliau menjelaskan bahwa pentingnya diskusi ilmiah dengan acara ini sehingga banyak wawasan yang bisa disampaikan dari para ahli administrasi khususnya publik untuk bisa menjadi materi ajar yang kredibel dan kekinian. Beliau juga sangat mengapresiasi acara ilmiah ini dan berharap bisa diselenggarakan rutin ditiap beberapa bulan sekali dalam rangka membahas buku – buku yang disesuaikan dengan issue sosial saat ini untuk mengupgrade kualitas ajar di Pascasarjana Institut STIAMI.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan buku yang sudah dibedah oleh Prof. Dr. Safri Nurmantu, M.Si dan Dr. Mary Ismowati, M.Si. Secara garis besar teori Administrasi Publik menurut buku David H. Rosenbloom yang sering dibahas adalah ada tiga perkembangan paradigma dalam Studi Administrasi Publik yaitu : (1) Manajerial (2) Politik dan (3) Legal. Dan Rosenbloom menunjukkan bahwa Administrasi Publik merupakan pemanfaatan teori – teori dan proses – proses manajemen, politik dan hukum untuk memenuhi mandat pemerintah dibidang legislatif, eksekutif dan yudikatif, dalam rangka fungsi – fungsi pengaturan dan pelayanan terhadap masyaralkat keseluruhan atau sebagian.

Setelahnya Dr. Bambang Istianto, M.Si memaparkan perkembangan Ilmu Administrasi hingga saat ini yang semakin banyak teori – teori Administrasi yang sudah tidak dipandang menarik oleh khalayak banyak. Untuk itu beliau sangat apreciated kepada Institut STIAMI yang masih eksis dengan berbagai kemasan kurikulum yang menarik untuk dipelajari dari administrasi ini. Dr. Ir. A.H. Rahadian, M.Si selaku Kepala LPPM Institut STIAMI ikut berkontribusi dalam melihat fenomena Ilmu Administrasi saat ini dan juga kegiatan bedah buku ini yang sangat dibutuhkan oleh setiap perguruan tinggi dalam hal menjalani tri dharma perguruan tinggi yang menjadi value untuk kualitas pendidikan dan penelitian keilmuan.

Diakhir pertemuan ini Kaprodi Magister Adm. Publik Ibu Mary juga me-launching tim riset dosen Pascasarjana serta beberapa jadwal Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) beberapa bulan kedepan sebagai implementasi dari salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu penelitian dan pengabdian pada masyarkat. (Irfan7oy)