Program Pascasarjana Institut Stiami Sukses Adakan Seminar Kepemimpinan Nasional Di Gedung Mpr Ri


Jakarta – STIAMINEWS – Salah satu kegiatan rutin Institut STIAMI ialah selalu menyelenggarakan Seminar bertaraf Nasional maupun Internasional dengan pembahasan yang disesuaikan dengan situasi yang berkembang dan dibahas oleh para narasumber yang kompeten dibidangnya. Seperti pada hari ini Sabtu, 4 Februari 2017 Institut STIAMI Program Pascasarjana menyelenggarakan SEMINAR 2017 tentang KEPEMIMPINAN NASIONAL yang berlokasi di Gedung MPR RI Ruang Nusantara V.

Acara yang dihadiri oleh ratusan Mahasiswa Program Pascasarjana yang berasal dari beberapa kampus Institut STIAMI sudah dimulai sejak pagi tadi. Dibuka dengan menyanyikan bersama Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan laporan dari Ketua Panitia acara Seminar kali ini yaitu Dr. Mary Ismowati, M.Si. Kemudian Sambutan Rektor Institut STIAMI yang diwakilkan oleh Wakil Rektor III Dr. M. Agus Cholik, SE, MM. Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Institut STIAMI sangat peduli terhadap situasi negeri saat ini, selain menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas yang mempunyai kemampuan baik sebagai pemimpin, juga harus mempunyai moral dan etika sehingga terhindar dari sikap yang merugikan bangsa ini.

Seminar ini dihadiri oleh Sekretaris Jendral MPR RI Dr. Ma’ruf Cahyono, SH, MH sebagai Keynote Speaker dengan judul pemaparannya ialah Peranan Kelembagaan Dalam  Kepemimpinan Indonesia dengan intinya ialah Kepemimpinan Nasional harus bisa mencerminkan etika nasional yang berlandaskan Pancasila. Setelah penyampaian tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan MOU antara Isntitut STIAMI bersama MPR RI Tentang Kerjasama Sosialisasi dan Kajian 4 Pilar MPR, Penendatanganan  dilakukan oleh Rektor Institut STIAMI Dr. Ir. Panji Hendrarso, MM dan Dr. Ma’ruf Cahyono dari pihak MPR RI.

Masuk ke acara inti Seminar yaitu pemaparan materi dari beberapa narasumber dan Bpk. Eman Sulaeman, S.Sos, MH sebagai Moderator, beliau adalah salah satu Dosen Institut STIAMI. Narasumber yang hadir dalam Seminar hari ini diantaranya ialah Dr. Rahmat Horison (Tim Ahli DPR RI), Dr. Taufan Maulamin, SE, Akt, MM (Direktur Pascasarjana Institut STIAMI) dan Ir. I Made Dana Tangkas, M.Si, IPM (Presiden Institut Otomotif Indonesia/Direktur Utama Toyota Motor Manufacturing Indonesia).

Dalam pemaparan Dr. Rahmat Horison, beliau menyampaikan bahwa pemimpin harus benar - benar cermat melihat permasalahan dari berbagai sisi. Dan tepat dalam mengambil keputusan. Tidak boleh berpihak kepada Suku RAS dll. Pemimpin juga harus berada dalam posisi berbangsa dan bernegara. Sedangkan materi yang disampaikan oleh Dr. Taufan Maulamin dengan judul “Kepemimpinan Keislaman dan Keindonesiaan”, beliau juga mengajak untuk berfikir kritis kepada semua dalam hal sistem demokrasi yang saat ini sedang terjadi. Dan apakah kita sudah ideal dalam menjalankan norma - norma kehidupan”. Narasumber selanjutnya Ir. Made Dana menyampaikan materi dengan judul “Kepemimpinan Transformasional di sektor Publik dan Bisnis, beliau menyampaikan pemimpin harus bisa menjadi Agent Of Change dalam membangun beberapa kebijakan yang bersifat Kreatif dan Inovatif.

Dalam pembahasan ketiga narasumber tersebut dibuka sesi tanya jawab kepada peserta Seminar. Yang disambut antusias oleh peserta dengan banyak pertanyaan ataupun permasalahan yang ditanyakan langsung kepada narasumber. Setalah itu acara ditutup dengan pemberian piagam/plakat kepada moderator dan ketiga narasumber serta melakukan foto bersama.

Acara ini bisa menjadi masukan dan kajian untuk Lembaga Tinggi Negara dalam menjalankan Kepemimpinan Nasional. Acara berlangsung tertib, lancar dan sukses. (Irfan7oy/Elza)