Rapat Kerja Hubungan Industri (Hubin) Bmps Smk Se Kab Bekasi Diadakan Di Kampus Bekasi B


Cikarang – STIAMINEWS – Badan Musyawarah Pendidikan Swasta (BMPS) SMK se-Kabupaten Bekasi rutin mengadakan beberapa kegiatan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas Pendidikan Swasta dalam berbagai hal. Salah satunya tentang ketenagakerjaan dari para lulusan SMK. Kabupaten Bekasi khususnya daerah Cikarang sudah terkenal dengan salah satu daerah Industri terbesar dan siswa SMK memang disiapkan 70% lulusannya bisa langsung bekerja.

Untuk itu Institut STIAMI Kampus Bekasi B (Cikarang) bekerjasama dengan BMPS SMK dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) mengadakan Rapat Kerja Hubungan Industri (HUBIN) untuk Forum BMPS SMK Se-Kabupaten Bekasi  pada hari Kamis, 13 April 2017 di Institut STIAMI Kampus Bekasi B di Jl. Industri No. 18A Cikarang. Acara yang diikuti sekitar 40 peserta dari perwakilan SMK ini bertema “Kiat Meningkatkan Daya Serap Lulusan SMK Lokal Ke Industri”.

Acara yang dibuka dengan Sambutan dari Ketua BMPS SMK Bpk. Komarudin, MM. Beliau menjelaskan tujuan diadakannya acara ini selain sebagai media rutin silaturrahmi, acara ini juga  sebagai ajang mendapatkan sharing pengalaman dari narasumber agar bisa menjadi modal untuk menyiapkan lulusan SMK yang siap bekerja ke dunia Industri khususnya. Beliau juga mengapresiasi Institut STIAMI yang sangat mendukung dan peduli terhadap dunia pendidikan dalam rangka menyiapkan dunia kerja.

Selanjutnya sambutan dari Pihak Institut STIAMI Kampus Cikarang yang disampaikan oleh Ibu Anis Zainah yang menjelaskan komitmen Institut STIAMI selain mencari calon mahasiswa baru kerjasama ini juga menjadi salah satu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dengan mengadakan pelatihan pendidikan serta bisa juga masuk kedalam pengabdian kepada masyarakat khususnya untuk kali ini para perwakilan dari SMK se-Kab Bekasi. Ibu Anis juga menjelaskan beberapa profil Institut STIAMI, keunggulan dan Program Studi/Jurusan yang dibuka di Kampus Bekasi B / Cikarang agar menjadi pilihan terbaik bagi lulusan SMK yang tahun ini mau melanjutkan ke perguruan tinggi yang berkualitas, unggul dan berdaya saing.

Selanjutnya penyampaian materi dari APINDO yaitu Dr. Agus Riyanto, MM. Sesuai dengan tema acara beliau menyampaikan beberapa Kiat Meningkatkan Daya Serap Lulusan SMK Lokal Ke Industri. Sangat penting bagi pihak SMK karena para siswa SMK yang lebih fokus dengan skill kompetensi yang disiapkan sebagai pekerja saat sudah lulus dari sekolah nanti. Salah satu kiat yang disampaikan ialah kualitas diri dari siswa tersebut dan sertifikasi yang harus dimiliki sehingga saat memasuki dunia industri siswa tersebut mempunyai nilai lebih sehingga mudah diserap dalam dunia kerja.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara ini. APINDO juga siap bekerjasama menjadi penghubung para lulusan SMK ke para pengusaha dan beberapa pimpinan perushaan industri. (Irfan7oy)