Simak Stiami Partisipasi Haki 2013 Di Senayan


Jakarta, Peringatan Hari Anti korupsi Internasional (HAKI) yang diperingati setiap 9 Desember dengan tujuan untuk terus mengampanyekan nilai-nilai antikorupsi kepada masyarakat luas tersebut diisi dengan berbagai acara diantaranya adalah pemberian penghargaan kepada lembaga-lembaga negara dan perusahaan yang melakukan berbagai perilaku anti korupsi serta menampilkan foto dan lukisan anti korupsi.

Kegiatan yang dilangsungkan terpusat di senayan pada 9-11 desember 2013 ini diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan diikuti oleh kementerian –kementerian dan lembaga penegak hokum lain sperti Komisi Yudisial, kepolisian, Mahkamah Agung, dan lainya. Selain dari lembaga pemerintah diikuti pula oleh Perusahaan BUMN, Swasta, dan komunitas Anti Korupsi.

Spesialisasi Mahasiswa Anti Korupsi (SIMAK) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) merupakan salah satu komunitas yang ikut terlibat dalam kegiatan hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) pada tahun ini. Beberapa organisasi serupa yang dilibatkan oleh KPK yakni koin Univ. Lampung, Univ. manado, Flac UI, Kompak Paramadina dan LSM.

Ketua Panitia HAKI dan Harlah SIMAK Ajeng Prada mengatakan pada kali ini, SIMAK mengadakan beberapa kegiatan dari tanggal 8 desember yang diadakan di GBK dengan beberapa organisasi seperti TII, Walhi, WWF, Kompak, dll, pada tanggal 8 desember kegiatan yang dilaksanakan di Halaman GBK diantaranya kampanye anti korupsi, Live Musik, Games, Pembagian Stiker, Pembukaan stand untuk pemahaman akan pembuatan KTP, SIM dan pelayanan public lain.

Sementara pada tanggal 9-11 Desember menurut ajeng, SIMAK terlibat pada kegiatan Pekan Anti Korupsi yang diinisiasi oleh KPK di Istora Senayan, kegiatan yang diadakan adalah Gratifikasi Award, Lelang Barang Gratifikasi, Seminar Nasional Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan,Peluncuran Sampul Hari Pertama Perangko Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia 2013, Talkshow Gratifikasi dan Laporan Harta Kekayaan, Diskusi Publik: "Mengkritisi Kekayaan Pejabat Negara" ,Movie Screening – Sahabat Pemberani; Kita vs Korupsi; Anti Corruption Film Festival (Acffest), Panggung Musik Antikorupsi (Kikan Namara, Yovie Widianto, Band Kampus, dll), Launching Video Stranas PPK, Pameran (Expo) Program Kementerian/Lembaga/CSO/Media , Pameran Lukisan Antikorupsi oleh Arisbudiono Sadjad, Pameran Foto Jurnalistik, Permainan Anak (Games) & Edukasi, Stand Up Comedy, Dialog Interaktif, Talkshow.

Ajeng menambahkan pada tanggal 14 desember SIMAK juga akan bekerjasama dengan BEM STIAMI akan mengadakan Kuliah Umum di Aula STIAMI Kampus Pusat. (CSC/Humas/One)