Sinergi Kreatif Institut Stiami bersama Rumah BUMN


Sinergi Kreatif Institut Stiami bersama Rumah BUMN

Jakarta, 2 Februari 2024 - Saat ini, jumlah pelaku UKM di Indonesia telah mencapai 57 juta, dimana sebagian besar merupakan para pelaku usaha mikro. hal ini menunjukkan potensi UKM sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia untuk meningkatkan kemakmuran negeri. BUMN sebagai agent of development telah mengembangkan beberapa insiatif untuk meningkatkan kualitas UKM, antara lain Bank Mandiri dengan program Wirausaha Muda Mandiri, Bank BNI dengan Kampong BNI Nusantara, Bank BRI dengan program Teras BRI dan Telkom Indonesia dengan 2 juta UKM teregister melalui pogram Kampung UKM Digital di seluruh Indonesia.

Latar belakang didirikannya Rumah BUMN Pertumbuhan pasar global telah menggeser paradigma bisnis nasional, dimana UKM memegang peranan penting dalam memakmurkan ekonomi negara, baik melalui penciptaan lapangan kerja, mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan inovasi bar. Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Kementrian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM menjadi UKM Indonesia yang berkualitas. Visi dan Misi Rumah BUMN Rumah BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UKM dalam hal Peningkatan kompetensi, Peningkatkan Akses Pemasaran dan Kemudahkan akses Permodalan. 

BUMN yang memiliki peran sebagai agent of development, terus berupaya mendukung pengembangan UMKM melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga lainnya. Termasuk dengan lembaga pendidikan tinggi, dimana dalam perkembangan setiap perubahan menuju kebaikan tentu nya dibutuhkan dukungan dari berbagai elemen, salah satu nya dukungan dari pendidikan tinggi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami yang siap berkolaborasi bersama Rumah BUMN. 

Dengan mengedepankan program pemberdayaan masyarakat, diharapkan bisa menciptakan perubahan yang positif kepada masyarakat yakni memberikan harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Institut Stiami memiliki banyak sekali dosen yang berkompeten dibidang pengembangan UMKM, dan siap untuk bersinergi kreatif bersama Rumah BUMN dengan menciptakan ide dan gagasan baru demi berkembangnya UMKM yang go digital dan juga bisa berhasil menjadi pemain global dan berorientasi ekspor.