Usaha Mahasiswa Institut menjadi Pemenang dalam KMI Expo XI 2020


Jakarta – STIAMINEWS –  Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo merupakan kegiatan besar yang diselenggarakan tiap tahun oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada tahun 2020 ini, KMI Expo memasuki tahun ke-11 pelaksanaannya mempercayai Podomoro University sebagai tuan rumah dalam acara ini yang mengusung tema “Connecting Opportunities”. KMI Expo 2020 diisi dengan kegiatan pameran dan bazaar produk mahasiswa, penganugerahan KMI Awards, penganugerahan Start up Summit, kompetisi workshop kewirausahaan mahasiswa Indonesia dan lain-lain.

Dua tim usaha mahasiswa dari Prodi Administrasi Bisnis Institut Stiami diantaranya Dicka Care dan Busanik Juice (Berkah Akuaponik) menjadi finalis dan mengikuti acara puncak pada tanggal 4-5 Desember 2020 yang diadakan secara online di platform Hopin. Acara puncak KMI Expo 2020 ini dibuat seperti bazaar sehingga pengunjung online melalui Hopin bisa merasakan sensasi datang ke stand bazaar secara online. Tiap peserta diberikan kesempatan untuk menjelaskan produk mereka ke para pengunjung yang datang ke stand bazaar mereka. Dicka Care dan Busanik Juice berhasil menang dalam KMI Expo XI 2020 yang diantaranya :

  • Dicka Care (Laundry Sofa, Sepatu, Springbed, dll) oleh Dicka Tegarisnandy sebagai Juara 2 Sub Kategori 2 Industri Perdagangan dan Jasa
  • Busanik Juice – Berkah Akuaponik oleh Al Azhar Fitrah Effendi sebagai Juara Harapan untuk Stand Pameran Terbaik

Sebelumnya, mereka menjadi salah satu usaha mahasiswa dari 21 peserta KBMI yang terpilih mendapatkan dana hibah wirausaha dari Belmawa yang diseleksi dari 211 peserta yang mendaftar dan dilanjutkan ke dalam acara KMI Expo XI 2020.

Selamat dan Sukses untuk Dicka Care dan Busanik Juice. Dengan adanya acara KMI Expo ini diharapkan Mahasiswa Indonesia termasuk Mahasiswa Institut Stiami lain nya dapat termotivasi untuk memiliki usaha mandiri mereka sendiri dan dapat mengasah kemampuan kreatif serta inovatif. Diharapkan juga mahasiswa tidak hanya belajar bisnis dalam kuliah tapi juga mengimplementasi nya ke kehidupan sehari-hari sehingga menjadi individu yang penuh semangat untuk membangun negeri, unggul dan memiliki daya saing.

 

- Dela