Warek Iii Berikan Workshop First Step To Start A Business Kepada Siswa Sma Kelas Xii


Jakarta – STIAMINEWS – Lulusan SMA/SMK memang diorientasikan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Namun tidak semua lulusan bisa melanjutkan kuliah dikarenakan masalah biaya, untuk meminimalisir hal tersebut Institut STIAMI melakukan Workshop Bisnis pada Selasa, 2 Mei 2017 dengan tema First Step to Start a Business untuk siswa - siswi kelas XII SMA/SMK yang bertujuan agar mereka dapat melanjutkan kuliah juga bisa menjalankan bisnis.

Acara yang dihadiri oleh puluhan peserta siswa - siswi ini diisi oleh pembicara Dr. M. Agus Cholik, SE, MM beliau merupakan Wakil Rektor III Institut STIAMI. Dalam workshopnya beliau menyampaikan langkah awal apa saja yang harus disiapkan untuk memulai bisnis sebelum mempunyai usaha atau bisnis sendiri mungkin menjadi impian bagi semua orang dikarenakan hal tersebut pasti sangat menyenangkan untuk dijalankan sebab kita tidak perlu tertekan dibawah perintah atasan, karena disini kitalah yang akan menjadi bos dari usaha yang kita jalani. Bukan cuma itu saja kelebihan dari membuka bisnis pribadi, waktu yang lebih fleksibel dan dengan menghadirkan peluang bisnis tersebut bisa menjadi sumber nafkah bagi orang lain jika proyek yang anda kerjakan mulai menampakkan ‘taji’nya. Bukan sesuatu yang mustahil bagi setiap orang memulai bisnis dari awal bermodalkan kecil hingga bisa menjadi sukses. Langkah-langkah awalnya yaitu : Tentukan Tema Bisnis Anda terlebih dahulu , setiap manusia memiliki kelebihan atau kemampuan masing-masing yang dikaruniakan oleh Tuhan kepadanya, itu semata-mata diberikan bukan tidak ada manfaat. Sebaiknya didalam memulai sebuah usaha jika anda mengalami kebingungan dalam menentukan bidang bisnis anda maka saran terbaik ialah mengikuti kemampuan dan bakat serta hasrat anda. Misalkan kemampuan di bidang jasa, ikuti itu dan fokus menggarapnya dan  Tentukan Target. Menuliskan target yang akan kita capai menjadi kekuatan besar yang memberikan semangat luar biasa ibaratkan doping adrenalin yang membuat kamu tetap fokus dan optimis dalam mengerjakan usaha untuk mencapai target tersebut. Berdasarkan penelitian, seorang pengusaha sukses pasti mempunyai mimpi besar dibalik itu semua dan target besar sehingga mereka bisa memiliki kekayaan berlimpah saat ini. Tapi perlu diingat bahwa anda jangan terlalu tertekan kepada target tetapi lebih memfokuskan kepada prosesnya, yang terkahir yaitu Perluas Jaringan Bisnis Sebagai seorang manusia kita tidak bisa mengharapkan sepenuhnya terhadap usaha sendiri dan sangat membutuhkan bantuan orang lain, begitu juga dalam dunia bisni. Memperluas jaringan bisnis anda dapat mempercepat pertumbuhan usaha karena banyak hal positif didapat misalnya komunikasi lancar memberikan informasi pasar. Bergabung dengan komunitas bisnis terkait usaha anda merupakan solusinya.

Workshop ini adalah rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka mengisi liburan siswa – siswi SMA khususnya Kelas XII yang baru saja mengikuti Ujian Nasional dan menunggu hasil kelulusan. (Selvi/Irfan7oy)