Wisuda Institut Stiami Ke 28 Dihadiri Oleh Ketua Aptisi Sebagai Orator


Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI (Institut STIAMI) menyelenggarakan Wisuda Periode Semester Genap Tahun Akademik 2014-2015, bertempat di Balai Samudra, Jakarta (23/12).,Prosesi wisuda dimulai pukul 07.00 ditandai dengan pelaksanaan Sidang Terbuka Senat Institut STIAMI. Gelaran kali ini  837 wisudawan terdiri dari 108 lulusan mahasiswa Program Diploma- III, 483 lulusan Program Sarjana dan 246 lulusan Program Pascasarjana  Lima wisudawan sebagai lulusan terbaik yaitu Program Studi Diploma III Perpajakan Nanda Sulisdiyanti, A.Md IPK : 3,87, Program Studi Diploma III Administrasi Bisnis Paska Ivana Damanik, A.Md IPK : 3,72, Program Studi Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis/Niaga Prasetyo, S.AB IPK : 3,77, Program Studi Sarjana Ilmu Administrasi Publik/Negara Konsentrasi Administrasi Perpajakan Gian Gustiawan, S.AP IPK : 3,86, Program Studi Magister Ilmu Administrasi Julian Muhammad Hasan, M.A IPK : 3,73.


Pelaksanaan wisuda yang mengambil tema “Meningkatkan Keunggulan dan Daya Saing Sumber Daya Insani Melalui Integritas Intelektual Moral dan Etika” ini menurut Ketua Panitia Wisuda, Slamet Andi Hartono diharapkan dapat menciptakan kesan baik bahwa ke depannya seluruh alumni Institut STIAMI akan bangga dan cinta dengan almamaternya, dan siap berperan secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Dalam sambutannya, Rektor Institut STIAMI Dr. Ir. Panji Hendrarso, MM menyampaikan bahwa penyelenggaraan wisuda yang ke-28 kalinya ini merupakan penyelenggaraan wisuda perdana dalam bentuk  Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI (Institut STIAMI) yang pada tahun ini secara resmi di sahkan. Pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa perubahan bentuk kelembagaan dari Sekolah Tinggi menjadi Institut merupakan sebuah anugerah Allah SWT yang patut disyukuri namun demikian tersirat sebuah tanggung jawab yang lebih besar lagi. Dengan bertambahnya program studi dari lima menjadi sembilan program studi merupakan sebuah tantangan bagi kami untuk terus melakukan perbaikan capaian pembelajaran di masing-masing program studi berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).


Turut hadir memberikan sambutan dari KetuaYayasan Ilomata Drs. Djaka Permana, M.Si, P.Hd dan Koordinator Kopertis Wilayah III yang diwakili oleh Budhi Heri Pancasilawan, SH, MM, serta orasi ilmiah dari Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. Ketua Umum APTISI dalam orasi ilmiahnya menekankan bahwa wisuda sebagai seremoni akhir dalam tradisi akademik, mengandung makna melekatnya tanggung jawab gelar akademik yang disandang sebagai pengakuan atas bidang keilmuan. “Kami sampaikan pesan dan harapan kepada wisudawan/wisudawati, untuk benar-benar dapat secara maksimal mengamalkan ilmu yang selama ini digali dari kegiatan belajar di kampus, untuk kebaikan dan kemajuan peradaban umat manusia. Sebagai generasi muda penerus dan calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang, tentu sudah seharusnya membekali diri dengan ilmu pengetahuan, kemampuan kerja,  yang dibarengi juga dengan akhlak (karakter), seperti yang telah ditempuh di jenjang perguruan tinggi di kampus Institut  STIAMI ini”. pesan Prof Edy.

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tinggal menghitung hari ini, dimana akan terjadi liberalisasi di berbagai bidang, dituntut untuk lulusan yang siap dan terdidik. Globalisasi telah mengantarkan kita pada tahap persaingan yang tidak lagi mengenal batas, seperti arus barang dan jasa yang dengan mudahnya masuk ke melintasi batas-batas negara.


Dalam level Asia Tenggara, khususnya anggota ASEAN, ini semakin nyata dan kita Indonesia harus siap dengan diberlakukannya Asean Economic Community (AEC) diberlakukan pada akhir tahun 2015 mendatang. Ini merupakan globalisasi dalam level regional, yang dikenal sebagai regional economic integration. AEC membawa implikasi terbentuknya pasar yang terbuka luas untuk arus barang dan jasa serta investasi antar negara ASEAN.


AEC sendiri merupakan bentuk perluasan kerjasama yang ditopang oleh tiga pilar utama yaitu Komunitas Politik dan Keamanan ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN, dan Komunitas Sosial dan Budaya ASEAN. AEC merupakan peluang sekaligus tantangan bagi kita semua, termasuk yang baru lulus dan diwisuda hari ini
Acara juga dimeriahkan oleh penampilan tarian dan paduan suara dari mahasiswa Institut STIAMI, serta penampilan band di penghujung acara yang semakin menambah kesemarakan acara wisuda.  (Dde)